lapangan basket

Dalam sebuah konstruksi bangunan, atap merupakan salah satu aspek penting yang tidak boleh sembarangan dipilih. Pemilihan atap yang tepat akan membantu menciptakan lingkungan di area bangunan yang lebih nyaman. Tidak hanya untuk bangunan seperti rumah, bahkan untuk konstruksi bangunan lain seperti lapangan olahraga, mulai dari lapangan futsal hingga lapangan basket pun harus mempertimbangkan pemilihan atap ini. Apalagi bangunan yang digunakan untuk olahraga dimana biasanya terkesan kurang nyaman karena panas. Nah, penggunaan atap membrane untuk lapangan basket atau jenis lapangan lain adalah inovasi dan trend terbaru dalam dunia konstruksi.

Lapisan yang Digunakan dalam Pembuatan Atap Membrane untuk Lapangan Basket

atap lapangan basket

Penggunaan atap membrane yang awalnya lebih banyak ditemukan pada bagian kecil konstruksi bangunan, seperti untuk carport atau kanopi saja, kini sudah mulai digunakan secara optimal. Bahkan penggunaannya sudah digunakan untuk keseluruhan konstruksi bangunan. Seperti contohnya yang digunakan pada stadion, kolam renang, lapangan futsal, atap membrane untuk lapangan basket maupun jenis-jenis lapangan lainnya. Tentu saja hal ini kemudian menjadi trend tersendiri karena semakin banyak penggunaan membrane untuk kebutuhan konstruksi, semakin banyak pula yang mengetahui keunggulan bahan ini.

Atap Membrane ini sendiri merupakan sebuah jenis atap hasil inovasi terbaru yang menawarkan banyak keunggulan dalam pemakaiannya. Inovasi yang dimaksud itu adalah dari segi bahan pembuatan serta teknologi yang digunakan dalam pembuatannya. Jika umumnya atap menggunakan bahan dari tanah liat, seng atau beberapa jenis bahan lainnya, maka atap membrane ini justru dibuat dengan bahan dasar tekstil. Tentu saja bahan dasar tekstil yang digunakan bukanlah tekstil biasa. Dalam pembuatannya, membrane ini menggunakan 4 lapisan termasuk bahan dasar tekstil ini serta berbagai pelapisan.

Pemilihan bahan membrane sebagai bahan untuk atap memang cukup menarik. Karena, jika dilihat dari bahan dasar pembuatnya, atap membrane terbuat dari bahan dasar kain, yang notabene tidak tahan air. Namun mengapa menggunakan membrane untuk membuat atap? Jawabannya karena dalam proses pembuatannya, anyaman kain yang digunakan sebagai bahan dasar ini bukanlah anyaman kain biasa. Anyaman kain ini masih mengalami proses pelapisan beberapa kali dengan berbagai jenis bahan pelapis sehingga memberikan sifat seperti sifat yang dimiliki oleh membrane. Lapisan yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Base Fabric

Bahan utama dari membrane sekaligus lapisan paling dasar adalah base fabric. Anyaman kain sebagai bahan dasar ini merupakan kain polyester yang memiliki kekuatan dan daya tarik tinggi. Selain itu, kain polyester yang digunakan ini juga memberikan kestabilan dimensi pada produk jadinya. Dengan semua spesifikasi ini, kain polyester yang digunakan sebagai bahan dasar membrane akan memberikan keunggulan dimana nantinya atap yang dibuat bisa menjangkau area yang luas karena daya tariknya tinggi.

  • Primary dan Top Coating

Setelah kain polyester yang merupakan bahan dasar dari atap membrane, lapisan berikutnya adalah lapisan coating. Lapisan primary yang digunakan pada bahan PVC bertujuan untuk meningkatkan kestabilan dimensi dari kain ini menjadi semakin baik serta meningkatkan daya tariknya. Dengan begitu kualitas dari membrane ini pun akan semakin meningkat.

  • Pelapisan Permukaan

Terakhir adalah bagian permukaan dari lapisan membrane. Treatment untuk bagian permukaan ini ditujukan untuk meningkatkan perlindungan terhadap reaksi-reaksi kimia dari atmosfer, serangan jamur dan mikroba, serangan cuaca yang tidak menentu serta hal-hal lain dari lingkungan yang dapat merusak atau mengurangi kualitas atap membrane. Pelapisan ini juga ditujukan untuk memberikan sifat memberikan perlindungan maksimal terhadap paparan sinar UV, hujan maupun serangan cuaca lain. Ini jugalah salah satu alasan mengapa penggunaan atap membrane untuk lapangan basket semakin populer.

Pelapisan ini menjadi aspek paling penting yang menjadi pertimbangan dalam memilih membrane untuk atap lapangan basket. Kemampuan untuk melindungi dari paparan sinar UV membuat siapapun yang ada di bawah atap membrane ini tak perlu lagi khawatir dengan dampak sinar UV untuk kulitnya. Belum lagi lapisan ini juga berperan dalam memantulkan kembali panas matahari antara 75-85%. Ini akan sangat membantu membuat lingkungan di dalam lapangan tetap terasa sejuk dan nyaman meskipun digunakan untuk berolahraga dan menampung banyak orang.

Karakteristik Atap Membrane untuk Lapangan Basket

model lapangan basket

Jika Anda memperhatikan lapangan basket yang menggunakan bahan membrane dengan atap lapangan basket yang menggunakan bahan lain, Anda pasti bisa menemukan karakteristik atau perbedaan yang mencolok. Penggunaan atap membrane untuk lapangan basket atau lapangan lain bahkan stadion yang berkapasitas lebih besar pun saat ini sudah banyak ditemukan. Bahkan karena sudah menjadi trend serta memberikan banyak keunggulan, kebanyakan lapangan atau stadion olahraga pun sudah menggunakan atap membrane ini.

Inilah beberapa karakteristik lapangan basket atau stadion yang menggunakan atap dari membrane dibandingkan dengan lapangan basket yang menggunakan material lain. Karakteristik-karakteristiknya ini juga menjadi keunggulan sekaligus alasan mengapa kemudian atap membrane sangat diminati dan menjadi trend untuk roofing stadion olahraga.

  • Desainnya Lebih Menarik dan Bervariasi
model lapangan basket

Dari tampilan fisik, karakteristik yang membedakan lapangan basket yang menggunakan bahan membrane dengan lapangan basket dengan roofing dari bahan lain adalah dari desainnya. Jika Anda perhatikan dengan seksama, maka Anda akan bisa melihat jika lapangan basket dengan atap membrane memiliki desain yang lebih bervariasi dan pastinya lebih menarik. Dari tampilannya, warna putih yang mencolok, kadang juga warna lain yang bahkan lebih cerah, justru menjadi daya tarik tersendiri. Ini jugalah yang menjadi alasan mengapa atap membrane untuk lapangan basket kemudian semakin banyak diminati bahkan menjadi trend konstruksi tersendiri.

Menggunakan atap dari membrane akan memberikan kesan tampilan modern futuristik sekaligus stylish. Lapangan basket yang pastinya dikunjungi oleh banyak orang membutuhkan karakteristik ini sebagai daya tarik supaya semakin banyak orang yang datang, baik untuk sekedar menonton ataupun bermain. Maka jangan heran jika kemudian lapangan basket yang ditujukan untuk komersil kemudian beralih menggunakan jenis atap ini.

  • Lebih Nyaman
model lapangan basket

Sudah umum diketahui jika lapangan basket atau stadion olahraga secara umum adalah tempat dimana di dalamnya terjadi aktifitas yang menguras tenaga. Panas dan gerah sudah pasti tidak dapat dihindarkan jika berada di lapangan basket ini. Apalagi jika ditambah dengan penggunaan atap dari bahan lain yang sifatnya justru menyerap panas. Maka, sudah bisa dipastikan lingkungan di dalam lapangan akan semakin tidak nyaman.

Namun, hal yang berbeda akan didapat jika atap dari lapangan basket tersebut menggunakan membrane. Bahan membrane yang bersifat menangkal sinar UV sekaligus memantulkan panas matahari hingga 85% membuat bagian di dalam lapangan bisa tetap sejuk dan nyaman bahkan saat siang hari yang terik.

  • Cahaya Matahari Bisa Menembus dengan Maksimal

Berada di dalam ruangan, bahkan seperti stadion pun, kadang masih membutuhkan adanya lampu tambahan untuk membuat bagian dalam ruangan menjadi lebih terang. Namun berbeda halnya jika memanfaatkan atap membrane. Berbanding terbalik dengan sifatnya yang memantulkan cahaya, bahan membrane ini justru bersifat menyerap cahaya matahari dengan baik. Jadi ketika siang hari, bagian dalam lapangan basket akan tetap terang meskipun tanpa bantuan cahaya lampu. Di lain sisi, panas matahari tidak akan bisa masuk dan tetap dipantulkan. Sehingga, meskipun terang oleh cahaya matahari namun tetap tidak panas.

Namun, karakteristik satu ini juga bergantung pada warna yang dipilih untuk atap membrane yang digunakan. Atap membrane saat ini memang tidak hanya tersedia dalam warna putih saja. Ada berbagai pilihan variasi warna yang pastinya dapat membuat tampilan atau desain konstruksi menjadi semakin menarik. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat ini, ada baiknya memang warna yang dipilih adalah warna putih. Dengan begitu penyerapan cahaya matahari bisa semakin optimal. Berbeda jika Anda memilih menggunakan warna gelap, maka di bagian dalam stadion pun tetap membutuhkan cahaya tambahan.

  • Proses Perawatan Lebih Mudah
atap basket modern

Karakteristik terakhir dari penggunaan atap membrane untuk lapangan basket ini adalah dari segi perawatan. Dibandingkan dengan penggunaan bahan lain, membrane memiliki karakteristik perawatan yang lebih mudah serta tidak membutuhkan biaya perawatan tambahan yang lebih besar. Hal ini kembali lagi pada proses pembuatannya yang sudah menggunakan berbagai lapisan, termasuk lapisan anti jamur dan mikroba lainnya.

Proses pelapisan ini membuat atap membrane jadi lebih tahan terhadap serangan jamur maupun mikroba lainnya. Jika sudah demikian, meskipun terkena serangan cuaca yang berubah-ubah, jamur tidak akan mudah tumbuh di permukaan membrane. Inilah yang berbahaya, jika permukaan sebuah benda sudah ditumbuhi jamur, maka akan berakibat pada daya tahannya yang menjadi lebih cepat rusak. Jadi, karena pelapisan inilah yang membuat proses perawatan atap membrane lebih mudah. Tinggal pengecekan sambungan secara berkala serta pencucian dengan air secara berkala, maka atap membrane akan bisa bertahan lebih lama. Penggunaan atap membrane untuk lapangan basket adalah pilihan terbaik dalam perkembangan konstruksi saat ini. Trend penggunaan membrane untuk atap pun mulai banyak digunakan tak terlepas dari karakteristik yang dimiliki oleh bahan membrane untuk atap itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *