kanopi awning

Kanopi adalah aksesori dari rumah berupa struktur yang mirip sekali fungsinya dengan genteng. Biasanya menempel pada tembok lalu di sisi lain diberi penyangga. Selain itu juga bisa menggantung di bagian teras yang tidak memiliki atap permanen.

Kanopi sendiri terbagi menjadi dua. Pertama biasa dengan ukurannya cukup lebar dan luas. Biasanya berada di depan bangunan yang besar. Selanjutnya ada canopy minimalis yang bentuknya lebih kecil meski secara fungsi dan kerangka tidak ada perbedaan yang signifikan. Berikut ulasan lengkap tentang kanopi dan jenisnya.

Mengenal Jenis Bahan untuk Atap Kanopi

Jenis kanopi ada banyak, tapi modelnya sebagian besar sama. Yang membedakan satu dengan jenis lainnya adalah bahan yang digunakan. Kanopi memiliki banyak model dan jenisnya. Berikut ini contoh beberapa model kanopi yang paling awet dan paling bagus untuk hunian anda :

1. Canopy Membrane

canopy membrane

Urutan pertama adalah Canopy Membrane. Dengan desain yang keren dan unik kanopi membrane adalah yang paling banyak di minati, bahan utamapun terbuat dari kain membrane seperti agtex, heytex, serge ferrari yang masih baik di gunakan hingga 10 – 30 tahun. Untuk harga per m2 di kisaran 750rb hingga 1.8jt selengkapnya bisa lihat tabel harganya di harga atap membrane per m2. Anda dapat melihat atap membrane biasanya di rumah-rumah elit, masjid besar, ataupun perusahaan yang maju. Selain anti robek dan tidak mudah terbakar bahan membrane mampu menahan berat lebih dari 150kg jadi tidak perlu khawatir akan kerusakan namun harus hindari dari benda-benda tajam.

Kegunaan Atap kanopi membran

Karena mudah di bentuk atap membranepun dapat di desain sedemikian rupa, berikut contoh kegunaan atap membrane

  • Atap Parkir & Carport
  • Atap Kanopi
  • Atap Lapangan Olahraga / GOR
  • Atap Cafe & Tenda Cafe
  • Atap Gudang / Pabrik
  • Gate Parkir
  • Atap di Trotoar
  • Atap Kolam Renang
  • Tenda Taman / Halaman
  • Dan Banyak Lainnya sesuai desain yang anda harapakan

! Untuk pembuatan atap membrane tidak bisa pilih sembarangan aplikator, jangan tergiur dengan harga yang murah. Anda dapat memesan tenda membrane ini ke jasa profesional yang tidak di ragukan lagi kualitasnya seperti Indoprima Tenda di 0811-30-0404.

2. Spandex

harga atap dan kanopi alderon per meter per lembar - upvc transparan-dengan baja ringan
harga atap dan kanopi alderon per meter per lembar – upvc transparan-dengan baja ringan

Bahan spandex ini terbuat dari lapisan logam yang sangat tipis. Lapisan ini cocok untuk berbagai macam kerangka baik itu besi atau kayu. Bahan juga bisa dilipat sesuai dengan bentuk kerangka sehingga penataan bisa dilakukan dengan maksimal.

Bahan spandex atau sering dikenal dengan nama zincalum ini juga sangat ringan sehingga mudah dipasang oleh satu orang saja. Kekuatan bahan juga bisa mencapai 10-15 tahun karena tidak akan karat serta jarang bocor.

3. UPVC

harga atap dan kanopi alderon per meter per lembar - upvc transparan-dengan baja ringan
harga atap dan kanopi alderon per meter per lembar – upvc transparan-dengan baja ringan

UPVC adalah salah satu bahan atap kanopi yang terbaik. Atap ini anti bocor meski terkena hujan yang deras. Selain itu, suara hujan juga diredam dengan baik sehingga tidak terlalu berisik.

Bahan UPVC juga sangat kuat saat menerima tekanan di atasnya. Bahan ini mampu menahan benda hingga kekuatan 150 kg. Terakhir, bahan atap ini juga bisa tahan hingga 15 tahun penggunaan.

4. Galvalum

harga atap dan kanopi alderon per meter per lembar - upvc transparan-dengan baja ringan
harga atap dan kanopi alderon per meter per lembar – upvc transparan-dengan baja ringan

Galvalum adalah bahan kerangka dari kanopi. Bahan ini terbuat dari baja ringan yang kekuatannya cukup tinggi. Bahan ini mulai banyak digunakan ketimbang besi yang terlalu berat dan mudah mengalami karatan.

5. Kanopi Kain

kanopi kain

Kanopi kain biasanya dipakai sebagai penutup jendela rumah yang mewah/ hotel. Bahan ini terbuat dari kain yang memiliki kualitas sangat tinggi seperti sunbrella yang awet hingga 10 tahun walaupun terkena hujan dan panas

6. Polycarbonate

canopy polycarbonate

Bahan polycarbonate adalah yang paling sering digunakan untuk bahan pembuatan atap kanopi. Bahan ini dikenal kuat dan ringan sehingga pemasangan tidak mengalami banyak sekali hambatan.

Jenis bahan atap polycarbonate sendiri terbagi lagi menjadi 3 buah.

Twinlite polycarbonate

Bahan ini sering dianggap yang terbaik dan sangat awet. Estimasi pemakaian bisa mencapai 10-15 tahun. Harga bahan paling tinggi dari yang lain meski dari sisi manfaat sangat dicari banyak orang.

Solarlite polycarbonate

Dengan masa pakai mencapai maksimal 10 tahun, jenis solarlite ini termasuk jenis menengah. Secara harga sedikit berada di bawah jenis twinlite.

Solite polycarbonate

Meski dianggap berada di kelas 3 dari segi kualitas, polycarbonate jenis ini masih mampu bertahan hingga 5 tahun sebelum akhirnya rusak. Harga cukup terjangkau sehingga bisa dipakai semua orang.

Bahan polycarbonate memiliki banyak sekali warna sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, bahan juga sederhana sehingga mudah diaplikasikan pada kerangka.

Atap jenis kanopi ini juga masih mampu ditembus cahaya hingga 40%. Jadi pemasangan kanopi tidak akan membuat sisi di bawahnya menjadi gelap.

Yang harus disayangkan dari bahan ini adalah rawan sekali bocor. Apalagi saat pemasangan dilakukan dengan paku. Kemungkinan terjadi rembesan air cukup tinggi. Oleh karena itu selalu gunakan jasa pemasangan kanopi daripada memasang sendiri.

Kami dari Indoprima Tenda juga menjual kanopi yang berkualitas untuk info selengkapnya silahkan hubungi 0811-30-2001

Kanopi dan Kelebihannya

Ada beberapa kelebihan yang membuat Anda harus menggunakan tenda canopy.

  • Awet dan tahan lama. Bahan paling berkualitas bisa bertahan hingga 15 tahun sementara bahan paling rendah bisa bertahan hingga 5 tahun.
  • Pemasangan mudah dilakukan dan kerangka sederhana. Anda cukup menggunakan jasa pembuat kanopi dan memberikan ide terkait dengan bahan kerangka, atap, dan warna.
  • Secara harga, canopy ini lebih murah. Dibandingkan dengan memasang atap biasa dan genting, biaya yang dikeluarkan lebih miring. Bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun.
  • Anti bocor. Dengan bahan yang tepat tidak akan membuat air hujan menembus. Berbeda dengan atap dari genting biasa yang masih memiliki kemungkinan bocor kalau kotor.
  • Memiliki banyak desain kerangka mulai yang sederhana atau yang desainnya lebih rumit.
  • Lebih stabil dan pemasangannya tidak membutuhkan waktu terlalu lama.

Fungsi dari Kanopi

Kanopi yang kuat dan memiliki bahan atap yang anti bocor ini berfungsi untuk beberapa hal di bawah ini.

  • Pelindung dari panas dan dingin. Bahkan angin besar pun bisa ditahan asal kerangkanya kuat.
  • Menciptakan suasana yang teduh dan sejuk. Sirkulasi udara akan berjalan dengan lancar.
  • Beberapa jenis canopy memiliki desain yang unik dan menarik.  Dengan desain ini bisa berfungsi sebagai penambah estetika dari bangunan.
  • Lebih menghemat biaya dan material untuk bagian teras atau garasi. Harga material dari kanopi tidak begitu mahal, tapi bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Tips Memilih Canopy

Jangan asal memilih, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

  • Pilih penyedia jasa pemasangan yang berpengalaman. Dengan begitu waktu pemasangan tidak akan terlalu lama.
  • Pilih kerangka yang awet, bahan baja biasa atau baja ringan cukup direkomendasikan.
  • Pilihan bahan atap kanopi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Semakin berkualitas semakin baik dan tahan lama.
  • Pertimbangkan lokasi pemasangan agar ukuran dan bahan bisa disesuaikan.

Semoga informasi di atas bisa memberikan tambahan rujukan kalau Anda ingin membuat kanopi di rumah atau mungkin kantor. Dengan mengenal bahan dan fungsinya, kita tidak akan salah pilih sehingga yang digunakan bisa sesuai dengan fungsi serta awet. Indoprima Tenda Ahlinya Tenda Membrane

5 Balas ke “6 Jenis Kanopi Paling Awet, Fungsi, dan Kelebihannya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *