model tenda membrane atap kanopi kain model layang untuk halaman atau tempat umum

Jenis Tenda membrane adalah salah satu bagian dari bangunan yang berfungsi sebagai pelindung. Tenda ini mirip sekali dengan kanopi meski secara struktur, bahan, dan kerangka sedikit berbeda. Tenda membrane bisa memiliki ukuran yang lebih lebar dan fleksibel.

Lebih lanjut bahan membrane juga dikenal kuat karena memiliki struktur yang kuat. Kalau Anda ingin mengenal lebih jauh tentang tenda membrane, simak ulasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Tenda Membrane

Membrane adalah struktur yang terbuat dari bahan elastis. Bahan ini akan dibentangkan menjadi bentuk tertentu sesuai dengan kebutuhan. Sebagian besar membrane ini digunakan untuk pelindung dari panas dan hujan. Adapun tenda sarnafil yang berbahan dari membrane biasanya di pakai dalam acara bazar atau event tertentu.

Desain dari tenda membrane juga bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Dengan variasi desain yang cukup banyak, struktur ini kerap diletakkan di mal, pusat keramaian, hotel, hingga tempat keramaian lainnya sebagai pelindung sekaligus daya tarik arsitektur.

Beberapa bangunan menggunakan tenda membrane ini sebagai hiasan. Tenda dibentangkan sedemikian sehingga menjadi struktur baru yang unik dan menjadi ciri khas suatu bangunan atau tempat.

Jenis Tenda Membrane

Secara struktural ada dua jenis tenda membrane yang banyak dipasang di luaran sana, berikut selengkapnya.

tenda membrane kanopi

Tenda membrane berstruktur besi. Tenda jenis ini biasanya banyak digunakan untuk struktur yang tidak terlalu besar. Misal digunakan untuk membuat penutup teras rumah atau membuat semacam kanopi membrane di beberapa bagian bangunan. Struktur besi di pinggiran atau kerangka membran membuat tenda menjadi lebih kuat terhadap cuaca termasuk angin besar sekali pun.

tenda membrane besar mewah

Tenda membrane dengan tarikan atau tensi dari kawat (tali besi). Tenda membrane jenis ini biasanya memanfaatkan tensi atau tarikan dari kawat atau jenis tali kuat lainnya. Tali akan membentangkan lapisan elastis atau tebal agar sesuai dengan kerangka luar yang dibuat sebelumnya. Tali besi untuk tarikan biasanya terdapat di bagian tengah membrane dan saling terkait satu dengan lain.

Jenis Bahan Membrane untuk Tenda

Bagian kerangka atau penyangga bawah tenda membrane tentu terbuat dari bahan besi atau baja kuat. Selanjutnya bagian membrane atau lapisan tipisnya terbuat dari jenis bahan di bawah ini.

  1. PTFE fiberglass

    Bahan dengan nama Polytetrafluoroethylene merupakan serat kaca yang dilapisi semacam teflon. Gabungan dari kedua bahan ini bisa menghasilkan membrane yang kuat dan tahan lama. Estimasi kekuatan bahan ini sekitar 30 tahun.

  2. ETFE Film

    Bahan ETFE (Ethylene Tetrafluoroethylene) terkenal sangat kuat, ringan, dan tembus cahaya. Pemasangan berlapis-lapis pun tidak masalah karena bisa memberikan kesan estetika yang cukup mengesankan.

  3. Bahan tenda membrane dari PVC atau polyvinyl chloride

    Cukup banyak diandalkan oleh pemilik bangunan atau proyek arsitektur. Bahan ini cukup awet, seratnya elastis, dan yang paling penting lagi adalah cukup terjangkau bahannya. Membrane PVC juga hadir dalam banyak warna sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Selain bahan di atas, di pasaran kita juga mengenal jenis membrane dari beberapa pabrikan dunia. Berikut beberapa jenis membrane yang banyak digunakan di Indonesia.

  • Iglo – Berasal dari Tiongkok dengan tipe 650 dan 700 gsm.
  • Z-Tent – Berasal dari Tiongkok dengan tipe 750 dan 900 gsm.
  • Hiraoka – Berasal dari Jepang dengan tipe 850 gsm.
  • Verseidag – Berasal dari Jerman dengan tipe 800 dan 1.000 gsm.
  • Agtex – Produk lokal Indonesia yang menyediakan tipe 650, 750, 900 gsm.

Kelebihan Memakai Tenda Membrane

Ada beberapa kelebihan yang membuat Anda harus memilih membrane.

  • Tahan dengan cuaca dan tidak mudah rusak. Meski terkena hujan dan panas, membrane tidak akan rusak. Apalagi didukung dengan struktur yang kuat. Tenda bisa bertahan hingga puluhan tahun tanpa rusak sama sekali.
  • Kuat menahan angin hingga kecepatan di atas 100 km/jam. Beberapa jenis tenda akan mudah rusak seperti terbawa angin atau malah pecah.
  • Bisa dibentuk menjadi berbagai macam struktur. Tidak hanya persegi panjang saja. Bahkan bentuk abstrak sekali pun juga bisa dibuat.
  • Memiliki banyak pilihan jenis membrane dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari bujet hingga bangunan.
  • Warna bisa disesuaikan. Misal menggunakan bahan PVC yang jenisnya ada banyak atau bahan lain yang bisa dicat.

Tips Memilih Tenda Membrane

Memilih membrane tidak bisa sembarangan. Oleh karena itu simak tips singkatnya di bawah ini.

Pastikan Memilih Vendor yang Tepat

perusahan membrane - jasa pembuatan membrane

Saat ini ada banyak penyedia jasa pemasangan tenda membrane, tapi yang berkualitas dan terbukti tidak banyak. Kami adalah salah satu yang terbaik dan bisa diandalkan.

Konsultasikan Jenis Tenda yang Akan Dipilih

bisnis membrane - jasa pasang membrane

Konsultasikan masalah tenda yang akan Anda pilih. Misal ukuran tenda, jenis tenda yang dipilih apakah pakai kerangka saja atau ada tambahan sling. Tempat pemasangan tenda juga harus diperhitungkan agar bahan serta warna juga cocok.

Pertimbangkan Kualitas Bahan

bahan pembuatan membrane terbaik

Kualitas bahan juga sangat utama. Kalau Anda dana lebih pilih yang terbaik. membrane bisa awet hingga puluhan tahun sehingga membuatnya sama saja dengan investasi.

Pertimbangkan Waktu Pengerjaan

jasa membrane profesional

Waktu pengerjaan juga penting. Pilih vendor yang waktu pengerjaan sesuai dengan hasilnya. Jangan memilih yang asal cepat tapi hasilnya mengecewakan.

Pertimbangkan Bujet yang Dimiliki

biaya pembuatan atau pemasangan membrane

Pertimbangkan bujet yang Anda miliki. Kalau memang bujet yang dimiliki banyak, pilih yang terbaik mulai dari bahan, kerangka, hingga sling yang digunakan.

Demikian ulasan tentang tenda membrane mulai dari bahan hingga pemasangan. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum memutuskan untuk memesan tenda membrane dari kami.