kanopi kain
kanopi minimalis

Kanopi minimalis adalah sebuah struktur yang menempel di atap atau dinding yang bertujuan untuk melindungi sisi di bawahnya. Singkatnya kanopi ini merupakan bentuk sederhana dari atap genteng. Hanya saja atap kanopi lebih banyak menggunakan bahan selain tanah liat yang banyak dipakai untuk genting tradisional.

Kanopi dibagi lagi menjadi dua. Pertama kanopi biasa dengan kerangka yang rumit dan ukurannya cukup panjang dan lebar. Selanjutnya ada juga canopy yang lebih sederhana dan kecil atau sering disebut sebagai canopy minimalis. Pada artikel ini kita akan lebih banyak membahas tentang kanopi minimalis.

Kanopi Minimalis dan Jenisnya


Kanopi minimalis memiliki cukup banyak jenisnya. Berikut beberapa jenis kanopi minimalis yang cukup direkomendasikan.

  1. Kanopi dengan Konsep Blind

    Kanopi dengan konsep blind sangat cocok untuk tempat santai seperti di belakang rumah dengan bagian bawah berisi meja dan kursi. Bahan kerangka biasanya dari besi dan juga baja.
    Bahan atapnya sendiri biasanya terbuat dari bahan yang bening. Semua cahaya dari atas bisa masuk ke dalam. Oh ya, karena tidak ada fitur penyaringan, tempat dengan kanopi minimalis ini cocok digunakan mulai sore atau pagi hari.

  2. Kanopi yang Bisa Dibuka dan Ditutup

    Beberapa jenis kanopi digunakan untuk menutup sesuatu atau untuk promosi. Saat tidak digunakan, kanopi yang minimalis ini bisa ditarik ke dalam agar lebih awet. Biasanya kanopi jenis ini bahannya tidak begitu awet seperti kain.
    Kanopi minimalis jenis buka tutup ini memiliki remote control yang digunakan mengoperasikannya. Beberapa ada juga yang manual sehingga bisa dibuka dan ditutup sendiri dengan menarik panel yang sudah dibuat.

  3. Kanopi dengan Bahan Kawat

    Kanopi dengan bahan kawat ini tidak difungsikan sebagai pelindung untuk cuaca hujan. Bentuknya mirip rangkaian kawat dengan warna yang bisa disesuaikan dengan desain di sekelilingnya.
    Kanopi dengan bahan kawat ini lebih difungsikan memberikan desain outdoor yang menarik. Meski demikian, bahan kawat yang dirangkai cukup bisa memberikan filter pada terik matahari.

  4. Kanopi dengan Bahan Kain

    Kanopi dengan bahan kain ini lebih berfungsi sebagai penutup terik matahari dan cahaya yang berlebihan. Untuk menutup hujan bisa dilakukan. Meski demikian, kanopi minimalis dengan bahan sederhana ini bisa digunakan untuk menambah desain outdoor dari bangunan khususnya kafe atau rumah makan.

  5. Kanopi dengan Bahan Kayu

    Kanopi bahan kayu juga banyak dibuat untuk beberapa lokasi kecil. Biasanya jendela agar air hujan tidak masuk ke dalam. Atap yang digunakan untuk kanopi minimalis ini bisa dari bahan tembus cahaya atau tidak.

Bahan Atap Kanopi

Bahan atap kanopi yang permanen (bukan dari kain atau sejenisnya) ada banyak. Namun, beberapa jenis di bawah ini yang paling banyak digunakan.

1. Polycarbonate

Bahan polycarbonate banyak digunakan untuk kanopi di rumah berdesain minimalis. Dengan pilihan warna yang hanya dan kemungkinan bisa diaplikasikan pada berbagai kerangka, bahan polycarbonate menjadi best seller dibandingkan jenis lainnya.

Kelebihan lain dari bahan atap dengan polycarbonate ini adalah lebih ringan. Meski ringan, kekuatannya cukup tinggi. Bahkan, dengan pemakaian outdoor dan terkena hujan serta panas bisa bertahan hingga 15 tahun untuk jenis terbaik.

2. Kaca

Bahan kaca juga banyak digunakan sebagai atap dari kanopi minimalis. Atap ini digunakan untuk memberikan aksen tembus pandang sehingga cahaya matahari bisa masuk dengan sempurna.

Bahan kaca sangat awet dan kuat. Hanya saja pemasangannya membutuhkan orang yang ahli agar tidak mudah rusak dan juga pecah.

3. Alderon

Bahan alderon digunakan untuk memberikan kesan sederhana. Selain itu bahan alderon juga mampu meredam suara dari atas seperti saat terkena air hujan. Selain itu, bahan alderon juga mampu menahan panas sehingga saat siang hari di basah kanopi minimalis tidak panas.

4. Spandex

Bahan spandex ini banyak digunakan untuk canopy biasa atau minimalis. Spandex adalah besi atau baja tipis yang digunakan untuk melindungi bagian bawah kerangka. Kelebihan dari spandex adalah tidak mudah berkarat meski panas bisa terserap ke bawah dan tidak meredam bunyi hujan.

Alasan Memakai Canopy

Ada beberapa alasan khusus mengapa Anda membuat dan memasang kanopi minimalis di rumah.

  • Kanopi minimalis memberikan pengaruh besar pada desain bangunan. Meski bentuknya sederhana, kanopi memberikan aksen menarik. Apalagi kalau kerangkanya unik dan bahan penutupnya bisa dimodifikasi.
  • Kuat dan tahan lama. Kanopi jenis ini bisa bertahan hingga 5-10 tahun atau di atas itu kalau semua bahannya berkualitas.
  • Pemasangan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Bahkan dalam hitungan jam saja sudah selesai.
  • Bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau desain dari bangunan utama.

Memilih Jasa Pemasangan Kanopi

Kalau Anda ingin memasang canopy minimalis, simak tips di bawah ini.

  • Perhatikan portofolio dari vendor pemasangan kanopi minimalis. Kalau menangani banyak proyek dan profesional, Anda bisa menggunakannya.
  • Konsultasikan bahan baku untuk kerangka dan atapnya dahulu.
  • Sesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Kalau bujet banyak pilih bahan terbaik yang tahan di atas 10 tahun. Pemasangan ini sama halnya investasi karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan yang besar.
  • Terpenting dari semua, pastikan bisa sejalan dengan tema rumah. Kalau tidak bisa nyambung, pemasangan tidak akan memberikan efek sempurna.

Semoga informasi tentang kanopi minimalis di atas bisa memberikan banyak pengetahuan pada kita semua. Selain itu, Anda juga bisa memilih atap kanopi minimalis yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan. Indoprima Tenda Ahlinya Tenda Membrane

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *