baja ringan

Kanopi baja ringan di dalam rumah bisa menghadirkan beragam fungsi. Area di bawah kanopi, dapat berguna sebagai car port. Selain itu, Anda bisa pula menggunakan area tersebut sebagai tempat untuk area bersantai keluarga. Untuk membangun kanopi tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Tersedia pilihan kanopi baja ringan yang bisa dibangun dengan dana terbatas.

Baja ringan sendiri merupakan material yang telah dikembangkan sejak tahun 1985, terkadang disebut dengan galvalum. Bahan ini dikembangkan dengan menggunakan campuran 3 jenis logam, yakni zink, alumunium, serta magnesium.

Di pasaran, Anda bisa menjumpai baja ringan untuk penopang kanopi, bisa anda temukan dengan ketebalan antara 1,00 sampai 2,00 mm. Sementara itu lembaran baja yang digunakan untuk atap kanopi, punya ketebalan 0,20 mm.  

Keuntungan Menggunakan Kanopi Baja Ringan

Biaya pembuatan yang murah tidak membuat kualitas kanopi baja ringan kalah dibandingkan dengan kanopi jenis lain. Bahkan, material yang satu ini punya beberapa kelebihan yang tidak dipunyai oleh kanopi lainnya, yaitu:

Mudah didapat

Ketika ingin membangun kanopi baja ringan di rumah, Anda tidak akan kesulitan dalam mencari material yang dibutuhkan. Bahan yang satu ini bisa didapatkan dengan begitu mudah, baik di wilayah perkotaan ataupun pedesaan. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, popularitas material baja ringan terus meningkat.

Tahan rayap

anti rayap

Ketika menggunakan material kayu untuk pembuatan kanopi, risiko serangan rayap menjadi permasalahan tersendiri. Namun, problem tersebut tidak akan Anda hadapi ketika menggunakan kanopi baja ringan. Sebagai bahan yang termasuk dalam jenis logam, baja ringan merupakan material yang tak bisa dimakan oleh rayap.

Cara pemasangan mudah

baja ringan

Cara pemasangan kanopi baja ringan juga tidak terlalu menyulitkan. Hanya saja, dalam proses pemasangannya tetap harus dilakukan oleh tenaga yang terampil dan didukung oleh peralatan yang komplet. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh hasil kanopi yang berkualitas dan bisa menjalankan fungsinya sebagai pelindung terhadap cuaca dengan baik.

Tahan terhadap korosi

karatan

Kanopi baja ringan dibuat dengan menggunakan frame serta atap yang terbuat dari baja ringan. Pemakaian material ini pun bisa menghindarkan Anda dari permasalahan korosi yang biasa muncul ketika menggunakan bahan dari besi. Berbeda dengan besi, material baja ringan telah memperoleh pelapisan bahan antikarat yang merupakan campuran dari aluminium dan seng.

Tingkat ketahanan tinggi

Selain memiliki ketahanan terhadap rayap dan korosi, baja ringan juga merupakan material yang tidak mudah rusak. Bahkan, baja ringan yang berkualitas, bisa bertahan sampai 30 tahun. Karena tingkat ketahanan tingginya itu, tak heran kalau banyak orang tertarik menggunakan material ini.

Kemampuan material ini dalam menahan beban pun tidak perlu dipertanyakan, karena memiliki kekuatan yang tidak kalah dibandingkan dengan baja biasa. Ketahanannya tersebut membuat material ini bisa digunakan dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Tidak mudah terbakar

Ketika menggunakan kanopi baja ringan, kemungkinan terjadinya kebakaran bisa ditekan. Sebagai bagian dari material logam, baja ringan bukan merupakan bahan yang mudah terbakar. Hal ini jauh berbeda ketika Anda membangun kanopi dari bahan kayu yang bisa mempermudah penyebaran api saat kebakaran.

Material baja ringan tidak memuai

Pada beberapa jenis bahan tertentu, kanopi bisa mengalami pemuaian ataupun penyusutan. Apalagi, kanopi harus terpapar oleh perubahan suhu secara terus-menerus. Namun, kondisi berbeda ketika Anda menggunakan kanopi baja ringan. Material yang satu ini tidak akan berubah bentuk meski harus menghadapi perubahan cuaca ekstrem.

Biaya pemasangan terjangkau

Keuntungan yang terakhir adalah, biaya pemasangan yang murah. Bahkan, selisih antara pembuatan kanopi baja ringan dengan jenis kanopi lain bisa sangat signifikan. Hanya saja, pastikan bahwa Anda tetap menggunakan baja ringan berkualitas, dengan tingkat ketebalan sesuai dengan kebutuhan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Kanopi Baja Ringan

Hanya saja, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi nilai minus dari kanopi baja ringan, yaitu:

  1. Panas
    • Penggunaan baja ringan bakal memberikan suasana yang begitu panas. Apalagi, material baja ringan merupakan jenis bahan yang bisa menghantarkan panas. Kondisi berbeda jika Anda menggunakan atap kanopi dari bahan lainnya, seperti polycarbonate ataupun kain.
  2. Suara yang berisik ketika hujan
    • Keberadaan kanopi baja ringan memang mampu melindungi Anda dari hujan ketika musim penghujan. Kemungkinan terjadinya kebocoran pada atap kanopi juga sangat kecil. Kalaupun ada, Anda bisa menambalnya dengan begitu mudah.
    • Hanya saja, ada rasa tidak nyaman yang perlu Anda hadapi ketika musim hujan. Hal yang dimaksud adalah suara berisik yang muncul dari tetesan air hujan di permukaan atap kanopi.
  3. Tampilan yang kurang estetis
    • Ketika menggunakan kanopi baja ringan, Anda juga tidak bisa memperoleh kanopi dengan desain yang mewah. Secara estetika, tampilan dari kanopi baja ringan tidak terlalu menarik dipandang. Apalagi, struktur dari kanopi terlihat secara langsung.

Demikianlah 8 keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika memilih menggunakan material baja ringan untuk membangun kanopi di rumah. Tingkat kenyamanan yang bisa didapatkan dari kanopi jenis ini tidak kalah dibandingkan dengan jenis kanopi lain. Apalagi, Anda bisa memperoleh kenyamanan tersebut dengan biaya relatif lebih murah.

Untuk pemasangan kanopi baja ringan berkualitas, kami dapat membantu Anda untuk bisa memperoleh hasil terbaik. Tenaga terampil serta berpengalaman yang kami miliki, siap membantu kapan saja dan di mana saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *